Home » Ahli K3 Umum » Certified Safety Officer(Sertifikat K3 Migas Level Pelaksa)

Certified Safety Officer(Sertifikat K3 Migas Level Pelaksa)

Oleh: | February 24, 2011 | Kategori: Ahli K3 Umum, Industri, Industrial company, Training

Certified Safety OfficerTraining ini menyangkut program Certified Safety Officer Course (CSO) dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta, khususnya yang berkenaan dengan konsep yang menjamin manajemen risiko yang termasuk dalam K3 maupun bukan K3. Yang bermanfaat untuk mengembangkan sistem manajemen K3 pada suatu perushaan tertentu.

PROGRAM PELATIHAN DAN PENDIDIKAN

Program dari CSO ini dikembangkan dengan mengacu pada Standar Nasional Indonesia SKKNI MIGAS diserttifikasi oleh suatu badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui lembaga sertifikasi resmi yang ditunjuk oleh LSP MIGAS Cepu.

Dalam tahap selesainya program pelatihan, para peserta diwajibkan untuk mengikuti ujian sertifikasi yang akan diadakan pada akhir training. Setelah melewati ujian atau setelah memperoleh kelulusan, peserta akan menerima tiga Sertifikat yakni Sertifikat Safety Officer dari Prosafe Institute, sebuah sertifikat dari BSC (Binawan Safety Center) dan Sertifikat Pelaksana tingkat K3 Minyak dan Gas Bumi.

Secara umum, manfaat dari program pelatihan CSO ini antara lain:
1. Mendapat Sertifikasi Profesi dari LSP K3 MIGAS dan BNSP
Setelah menyelesaikan dan dinyatakan lulus ujian CSO ini maka peserta bersangkutan akan mendapatkan Sertifikat dari Prosafe Institute, LSP K3 MIGAS dan BNSP. Sertifikat ini berlaku 3 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
2. Modul Pelatihan Memiliki Kredit Poin dalam bentuk Sistem Kredit Semester (SKS)
Setelah selesai mengikuti kedua level pelatihan CSO (Basic dan Intermediate Level) maka peserta akan mendapatkan sertifikat dari Binawan Safety Center yang memiliki nilai Kredit Poin (Nilai SKS) sesuai dengan modul pelatihan yang telah diikuti.
Kredit poin atau nilai SKS tersebut dapat digunakan bilamana peserta bersangkutan ingin melanjutkan jenjang pendidikan S1 yaitu sebagai Sarjana Science Terapan K3 (SST. K3) di STIKes Binawan dengan sistem integrasi modul. Nilai kredit poin/ SKS tersebut berlaku selama 2 tahun dengan minimal pendidikan SMA. Pendaftaran Program Pendidikan S1 ini akan difasilitasi oleh Prosafe.

MODUL PELATIHAN

1. Health and Safety Foundations
2. Basic Safety Management
3. Hazards Identification and risk control
4. Safe Working Practices
5. Industrial Hygiene and ergonomic
6. Workplace monitoring
7. Construction Hazards
8. Accident Investigation and reporting
9. Plant Inspection
10. Group Communication
11. Basic Fire Prevention and control
12. Chemical and physical Hazards

SERTIFIKAT

Biasanya seperti seperti pengalaman yang saya alami Peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus ujian kompetensi akan mendapatkan sertifikat dari Prosafe Institute dan PUSDIKLAT MIGAS CEPU.