Industrial company / Kesker

Contoh Job Safety Analysis Pengelasan

Ada berbagai tindakan pencegahan kecelakaan yang harus diambil pada saat pengelasan, beberapa hal penting yang harus di perhatiakn disini diantaranya adalah peralatan dan bahan yang terlibat dalam pengelasan yang dapat menyebabkan cedera serius atau kematian. Panas, percikan api, gas berbahaya dan sinar ultraviolet adalah bagian dari lingkungan pengelasan.

Hal hal yang perlu di perhatikan dalam analysis safety pengelasan antara lain adalah

A Clean Workspace

Sebuah ruang kerja yang bersih sangat penting untuk keselamatan pengelasan. Untuk menghindari kecelakaan pada bagian dari tukang las atau individu dekat tukang las, lantai ruang kerja harus dibersihkan dari semua benda dan zat untuk memastikan pijakan yang tepat dari setiap orang di sekitar obor las. Selain itu, proyek pengelasan harus jelas dari bahan asing atau non-esensial. Untuk mencegah awal kebakaran, tukang las juga harus membersihkan setiap masalah yang mudah terbakar terhadap benda asing yang berserakan pada area kerja. Sebuah ruang kerja terorganisir adalah ruang kerja yang aman.

Project Your Eyes

Proses hasil pengelasan dalam penciptaan sinar ultraviolet, yang bisa sangat merusak mata manusia. Paparan sinar ultraviolet dapat menyebabkan peradangan pada kornea. Hal ini juga dapat menyebabkan pembakaran dari retina, yang dapat mengakibatkan kebutaan. Karena itu, sangat penting bahwa langkah-langkah harus diambil untuk melindungi mata dari tukang las dan mata orang-orang dekat atau di sekitar lokasi pekerjaan. Apakah dalam bentuk perisai las atau kacamata, kacamata pelindung harus digunakan setiap saat oleh tukang las beserta orang-orang di sekitar pekerjaan pengelasan. Tukang las yang bekerja di ruang di mana ada banyak orang di sekitar harus bekerja menjadi tirai pengelasan.

Precautions Against Heat

Pekerjaan Welding (pangelasan) melibatkan logam yang mencair, yang membutuhkan temperatur yang sangat tinggi. Selain itu, pekerjaan las yang paling menghasilkan bunga api suhu tinggi yang dapat membakar kulit. Oleh kena itu Tukang las di haruskan memakai sarung tangan dan pakaian pelindung yang kokoh.

Dangerous Gases and Particles

Proses pengelasan logam atau sekering pada hasil suhu tinggi dapat menciptakan asap dan gas berbahaya . Tukang las bekerja pada proyek-proyek yang akan mengambil jangka waktu yang lama harus menggunakan pasokan masker oksigen untuk mencegah inhalasi . Ruang kerja tertutup harus dilengkapi dengan sistem ventilasi yang berfungsi. Mereka yang melakukan proyek-proyek yang lebih kecil terhadap pengelasan harus menggunakan masker pernapasan dan bekerja dekat pasokan udara segar. Menghirup gas atau zat hasil dari pengelasan dapat menyebabkan iritasi paru-paru serius dengan jangka panjang yang melibatkan masalah pernapasan, serta kerusakan ginjal dan sistem saraf pusat.

Know Your Equipment

Untuk melakukan pekerjaan pengelasan,harus melakukan inspeksi penuh dari semua peralatan yang akan digunakan . Tidak peduli seberapa besar atau kecil proyek, peralatan rusak dapat mengakibatkan kecelakaan yang serius, cedera atau kematian. Selain itu, individu yang baru dalam melakukan pengelasan harus selalu bekerja dengan pendamping atau kontrol seorang tukang las yang berpengalaman sampai mereka cukup terdidik dalam seluk-beluk pekerjaan pengelasan tersebut dan peralatan. Mereka yang terbiasa dengan pengelasan harus berkonsultasi dengan tukang las bersertifikat profesional, bukan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan pengelasan tanpa pengetahuan prosedural dan keselamatan yang tepat.

Di Bawah Ini adalah Contoh Job Safety Analisis Pengelasan (Job Hazard Analysis
welding Operations) yang di buat dalam tebel

Contoh Job Safety Analysis Pengelasan dalam TabelContoh Job Safety Analysis Pengelasan dalam Tabel Contoh Job Safety Analysis Pengelasan dalam Tabel

BACA JUGA:

Tags: , , , ,

One Comment

  1. cari bantuan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>