ISO 17025

Edisi Baru referensi ISO / IEC 17025 untuk kompetensi laboratorium

Itu hanya menerbitkan edisi baru dari ISO / IEC 17025 yang diakui sebagai patokan internasional untuk menyetujui kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi yang memainkan peranan penting dalam perdagangan, pengembangan dan produksi produk dan perlindungan konsumen .

ISO 17025

ISO / IEC 17025:2005, Persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi “, yang menggantikan edisi 1999 yang digunakan untuk” mengakreditasi “(menyetujui) beberapa 25 000 laboratorium di seluruh dunia yang meneliti produk dan sampel dan instrumen presisi kalibrasi. Namun, pengaruh ISO / IEC 17025 bahkan lebih besar daripada apa yang menunjukkan angka-angka ini, karena banyak negara membuat persyaratan hukum. Selain itu, dokumen yang berasal dari itu digunakan oleh laboratorium di sektor-sektor tertentu seperti obat-obatan dan mikrobiologi.

ISO Sekretaris-Jenderal Alan Bryden berkomentar: “ISO / IEC 17025 manfaat bisnis, pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan Keyakinan dalam kompetensi laboratorium yang sering dibutuhkan di pasar ketika mempertimbangkan produk baru, atau memverifikasi bahwa. produk jadi cocok untuk dijual, atau ketika pejabat pemerintah atau bisnis yang membutuhkan jaminan tentang produk dalam negeri atau impor sebelum mereka dapat ditempatkan di pasar, atau untuk memastikan kualitas dan kehandalan pengujian dan analisis bagi lingkungan, bahaya kesehatan dan keselamatan. “

ISO / IEC 17025:2005 berisi semua persyaratan yang pengujian dan kalibrasi laboratorium harus bertemu untuk menunjukkan kepada pelanggan dan pejabat untuk memeriksa bahwa mereka memiliki sistem pengelolaan yang baik yang memungkinkan kontrol penuh proses mereka, secara teknis kompeten, dan mampu menghasilkan hasil teknis valid. Badan akreditasi yang mengakui kompetensi kegiatan pengujian dan kalibrasi menggunakan standar sebagai dasar untuk akreditasi mereka.

“Kalibrasi laboratorium dan uji yang handal adalah mereka yang telah terakreditasi sebagai kompeten dan ISO / IEC 17025:2005 adalah standar akreditasi laboratorium yang, seperti edisi itu menggantikan, itu akan mendapatkan keuntungan dari industri Perdagangan dan pemerintah di seluruh dunia, “kata Peter van Leemput, yang memimpin kelompok ISO ahli yang melakukan pekerjaan UPGRADE.

Edisi 2005 baru datang dari koreksi ISO / IEC 17025:1999 untuk memastikan kompatibilitasnya dengan persyaratan ISO 9001:2000, “Sistem Manajemen Mutu – Persyaratan”. Hal ini menjadi penting karena diadopsi secara luas sistem manajemen mutu sesuai dengan ISO 9001:2000, termasuk banyak dari organisasi yang pengujian dan kalibrasi laboratorium melayani.

Hal ini juga mencoba untuk menjelaskan bahwa sementara dua standar yang kompatibel, mereka tidak dipertukarkan. Meskipun kedua standar dapat digunakan oleh laboratorium sebagai rangka untuk memberikan keyakinan kepada pelanggan mereka yang mengelola kegiatan mereka, hanya ISO / IEC 17025 dapat digunakan untuk menunjukkan kompetensi teknis laboratorium.

Laboratorium dapat memilih untuk menjadi terakreditasi dengan pelaksanaan ISO / IEC 17025, atau disertifikasi dengan ISO 9001:2000, atau keduanya, namun proses akreditasi dan sertifikasi akan tetap dua tindakan yang terpisah, meskipun sangat difasilitasi – untuk kedua laboratorium dan asesor – sekarang memverifikasi konsistensi antara kedua standar.

Tidak ada perubahan penting dalam persyaratan teknis. Modifikasi terutama terkait dengan persyaratan manajemen untuk mencerminkan isi standar ISO 9001:2000, terutama dengan penekanan lebih besar pada tanggung jawab manajemen senior, kebutuhan untuk menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan efektivitas sistem manajemen, kepuasan pelanggan, dan komunikasi dengan manajemen internal dan pelanggan sistem.

BACA JUGA:

Tags: ,

One Comment

  1. Seger Riyanto says:

    Dengan hormat,

    Saya dari Laboratorium Penguji Mekanika Tanah PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Lab kami telah terakreditas oleh KAN sejak tahun 2000 dengan 10 ruang lingkup pengujian dan tahun ini kami ingin menambah 6 atau ruang lingkup akreditasi pengujian (Sondir, Standard Penetration Test (SPT), Density Lapangan (Insitu) & Permeability, Speedy moisture content,Kompaksi Ringan, Kompaksi Berat (Opsional).

    Sebagai informasi awal sehubungan hal diatas, apakah perusahaan Bapak/Ibu dapat memberikan Jasa Konsultasi untuk keperluan dimaksud.

    Demikian disampaikan, semoga hal ini menjadi awal kerjasama yang baik,terima kasih.

    Hormat saya

    Seger Riyanto

    Manajer Mutu

    CP.081373936423

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>