Hazops (Hazards and Operability Study)

Loading...

HazopsMerupakan teknik identifikasi bahaya yang sangat komprehensif dan terstruktur.digunakan untuk mengindentifikasi suatu proses atau unit operasi baik pada tahap rancang bangun,konstruksi,operasi maupun modifikasi.Hazops dilakukan dalam bentuk tim dengan mengunakan kata bantu (guide word) yang dikombinasikan dengan parameter yang ada dalam proses seperti level,suhu,tekanan,aliran dan lainnya.kata bantu yang digunakan antara lain more,no,low,less,high,dan lainnya.
Contoh : kata bantu more dapat dikombinasikan dengan parameter aliran (flow) akan menjadi more flow,no flow.less flow,reverse flow,dan lainnya.dengan mengunakan kata bantu ini dapat diindentifikasi pontensi bahaya apa saja yang dapat terjadi dalam suatu proses.
Failure mode and effect analysis (FMEA)
Merupakan suatu teknik identifikasi bahaya yang digunakan pada peralatan atau system.teknik ini mengindentifikasiakan apa saja kemungkinan kegagalan yang dapat terjadi serta dampak yang mungkin ditimbulkannya.dengan demikian dapat dilakukan upaya pengendalian dan pengamanan yang tepat.
Sebagai contoh,FMEA dapat di lakukan untuk mengidentifikasikan bahaya pada suatu turbin gas,kompresor,alat control,katup pengaman,dan lainnya.

MENARIK:  Faktor yang perluh di pertimbangkan dalam melakukan tinjauan awal